GANTUNGAN KUNCI KARAKTER

OLEH :
ADELIA MUFIRO
ALIFIA EKA PRISTIYAPUTRI
INTAN PERMATASARI
MUHAMMAD FU’AD HAKIM
NUR ZAIDA FARHANA
MAN KOTA BATU
TAHUN PELAJARAN 2017-2018
BAB 1
Pendahuluan
A.
Latar
Belakang
Wirausaha adalah seorang yang berani
berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya,
meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru,
menyusun operasi untuk mengadakan produk baru, memasarkannya, serta mengatur
permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.
Seorang wirausaha dituntut memiliki berbagai kemampuan yang harus ditetapkan
dalam proses kegiatan usahanya.Seorang wirausahawan pasti memiliki motivasi
dalam melakukan usahanya. Seperti,adanya peluang usaha, minat dalam usaha, dan
modal.
Gantungan kunci merupakan benda yang
sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari,.dalam penggunaanya gantungan
kunci berfungsi sebagai penanda, pengingat, dan hiasan pada suatu barang
seperti kunci, kotak pensil, tas, dan sebagainya. Biasanya gantungan kunci
terbuat dari berbagai macam bahan, seperti kayu, plastik, logam, kain, karet, dan
sebagainya serta memiliki berbagai macam bentuk, warna, karakter yang menarik.
Hal tersebut yang membuat gantungan kunci banyak diminati oleh banyak kalangan dan
bahkan sampai ada yang mengoleksinya. Saat ini gantungan kunci menjadi trend
yang terus berkembang dikalangan masyarakat.
Melihat keunggulan dari gantungan kunci
dari segi fungsi pakai, keindahan, memiliki nilai jual yang menguntungkan, serta
memiliki nilai praktis dalam kehidupan sehari-hari. Maka kami akan memproduksi gantungan
kunci karakter makanan yang terbuat dari kain flanel.
B.
Tujuan
Tujuan
kami melakukan produksi gantungan kunci karakter :
1. Untuk
memenuhi tugas kewirausahaan.
2. Untuk
menumbuhkan jiwa kewirausahaan.
3. Untuk
mendapatkan penghasilansecaramandiri.
4. Untuk
menciptakan
kesan
menarik
dengan
keanekaragaman
bentuk.
C.
Manfaat
Manfaat
kami melakukan produksi gantungan kunci karakter :
1. Meningkatkan
hasrat untuk berwirausaha (kelompok maupun sendiri) dan bisa digunakan untuk
solusi / sampingan di kemudian hari.
2.
Menumbuhkan
kreativitas.
3.
Menciptakan jiwa kerjasama
dalam kelompok.
4.
Melatih kemandirian.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Teknik
Pembuatan
Teknik adalah cara untuk mewujudkan
suatu ide menjadi hal-hal yang konkret dan punya nilai. Teknik dalam pembuatan
gantungan kunci karakter makanan adalah jahit aplikasi. Jahit aplikasi adalah
teknik menempelkan, (menjahit) guntingan-guntingan kain yang dibentuk.
Cara pembuatan gantungan kunci karakter
makanan
1. Alat
dan bahan :
a. Kain
flanel berbagai
warna (sesuai
selera)
b. Dakron
c. Benang
d. Lem
lilin
e. Jarum
f. Gunting
g. Pensil
h. Ring
gantungan kunci
2. Cara
pembuatan :
a. Bentuk
pola karakter makanan yang ingin dibuat pada kain flanel.
b. Potong
pola karakter makanan yang telah dibuat.
c. Kemudian
jahit pola yang telah dipotong sesuai
rancangan
d. Masukkan
dakron sebelum bentuk gantungan dijahit keseluruhan. Agar gantungan berisi padat dan sempurna
e. Tutup
lubang gantungan dengan dijahit.
f. Buat
Hiasan permukaan gantungan dengan topping makanan sesuai selera menggunakan
kain flanel.
g. Tempel
topping makanan dengan menggunakan lem lilin.
h. Pasang
ring gantungan kunci.
i. Gantungan
kunci siap dipasarkan.
B.
Rancangan
Keuangan
NO
|
URAIAN
|
PEMASUKAN
|
PENGELUARAN
|
JUMLAH
|
SALDO
|
1
|
MODAL AWAL
|
25.000
|
25.000
|
||
2
|
KAIN FLANEL
|
16.000
|
8 @2000
|
9.000
|
|
3
|
DAKRON
|
3000
|
1@3000
|
6.000
|
|
4
|
RING
|
2500
|
5 @500
|
3.500
|
|
5
|
LEM LILIN
|
1000
|
1@1000
|
2.500
|
C.
Target
Konsumen
Target konsumen untuk target pemasaran
produk kami adalah keluarga, teman di sekolah, teman di media sosial.
D.
Strategi
Pemasaran
Strategi pemasaran produk kami adalah
dengan cara mengadakan endorse di akun instagram kami, pembeli dapat memilih
bentuk, warna gantungan kunci sesuai selera, memasarkannya di media social.
E.
Harga
Jual
Harga jual produk kami tergantung dari kerumitan dan kemudahan dari produk yang dipesan.
F.
Pengemasan,
Merk, Logo Produk
Pengemasan produk kami adalah dengan membungkusnya
dengan plastik yang tembus pandang. Agar bentuk fisik dari produk kami dapat
terlihat oleh konsumen, serta menempelkan logo produk kami pada kemasan, agar
menarik dan produk kami dapat dikenal oleh banyak orang.
·
Banda banda berasal dari bahasa jawa yaitu bondoyang berarti modal. Jadi disaat kita ingin
mendirikan suatu usaha hal terpenting adalah kita harus memiliki modal.
·
Hulala
dalam merk
produk kami berarti semangat dan motivasi kami dalam berwirausaha.
·
Handmade
berarti dalam
kegiatan produksi kami dengan menggunakan keterampilan tangan.
Logo produk kami
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Bahwa berwirausaha itu harus dimulai sejak
dini untuk meciptakan kemandirian dan tanggungjawab sebagai bekal masa depan
yang lebih baik. Dengan adanya tugas kelompok kewirausahaan ini kami berharap untuk
menumbuhkan kreativitas dan kerjasama antar kelompok serta dapat menjadi
motivasi bagi kami untuk terus mencoba berwirausaha untuk di masa yang akan
datang.
B.
Saran
1. Dalam
perkembangan yang lebih
baik
mengenai
hasil
karya kami, akan
dibutuhkan saran dan
kritik yang membangun.
2. Sebaiknya
untuk kegiatan produksi kerajinan dari bahan tekstil ini tidak hanya untuk
pemenuhan tugas kewirausahaan saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk menambah
penghasilan.
3. sebaiknya
jika kerajinan tekstil ini banyak diminati oleh konsumen, maka bisa diproduksi
dalam skala yang besar, dan berinovasi untuk mengembangkan usaha dan
menciptakan inovasi baru dalam produk ini.
0 komentar:
Posting Komentar